Untuk Meningkatkan Kinerja Diperlukan Aplikasi Srikandi

RENGAT (Sapa Inhu) – Untuk Meningkatkan Kinerja Diperlukan Aplikasi Srikandi. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Indragiri Hulu (Inhu) Jawalter S MPd menegaskan, aplikasi yang diberi nama Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) sangat penting untuk meningkatkan kinerja. Bahkan, semua perkantoran pemerintah yang ada di Inhu dapat aplikasi Srikandi.

Aplikasi Srikandi atau Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi adalah sebuah sistem yang merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Aplikasi tersebut bersifat Government to Government (G2G), sehingga bisa dimanfaatkan oleh instansi yang ada di pusat maupun daerah.

Seperti halnya seorang wanita, nama Srikandi terinspirasi dari pekerjaan kearsipan yang memerlukan ketelitian dan kelembutan dalam penyelenggaraannya. Dengan sudah ditetapkannya Srikandi sebagai aplikasi umum, maka tidak ada lagi kementerian/lembaga yang membangun aplikasi kearsipannya sendiri. Dikarenakan proses bisnis, standar data, dan keamanan datanya sudah terstandar dan terintegrasi.

Jawalter mengatakan “Saat ini adanya perubahan sistem dari manual ke digitalisasi terutama dalam hal pelayanan administrasi dan kearsipan,” pada Kamis (25/8).

Maka dari itu, untuk optimalisasi aplikasi Srikandi itu, tim dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Inhu akan berkolaborasi dengan Dinas Kominfo. Karena secara nasional, program ini sudah dapat berjalan dengan baik.

Baca juga : Sebanyak Tiga Orang Pengedar Sabu Berhasil Ditangkap

Kolaborasi itu, untuk pengelola utama dari akun resmi ini di Inhu yakni Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan akan dibantu oleh tenaga IT dari Dinas Kominfo. Sehingga akun Srikandi akan berjalan dengan lebih baik dan optimal.

“Selama ini, aplikasi Srikandi sudah live di Inhu. Akan tetapi perlu lebih maksimal dan diketahui secara umum,” ujarnya.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan Inhu Joni Maryanto mengatakan, program akun ini sudah berjalan. Akan tetapi tetap memerlukan dukungan dari semua pihak untuk lebih memaksimalkannya.

Bahkan, ia mengatakan, sosialisasi dan penyebarluasan informasi sudah dilakukan sampai ke tingkat kecamatan. “Setelah dilaksanakan kegiatan koordinasi ini, maka selanjutnya dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan launching aplikasi Srikandi oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi,” ucapnya. Ia juga mengatakan, aplikasi ini penting dan semua instansi bisa memanfaatkannya secara maksimal. Karena untuk sekarang ini, untuk pulau Jawa dan Sumatera Kabupaten Inhu berada di urutan kelima sebagai pengguna akun resmi Srikandi.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.

You May Also Like

PKS Mitra Agung Swadaya Pabrik Kelapa Sawit Inhu Terbakar

RENGAT (Sapa Inhu) – PKS Mitra Agung Swadaya Pabrik Kelapa Sawit Inhu…

Kabid Dinas Pertanian Tersangka Korupsi Rp1,3 M

RENGAT (Sapa Inhu) – Kabid Dinas Pertanian Tersangka Korupsi Rp1,3 M. Yasma…

Kembali Dilanjutkannya Pembangunan Jalan Jalur Dua Air Molek

AIRMOLEK (Sapa Inhu) – Kembali Dilanjutkannya Pembangunan Jalan Jalur Dua Air Molek.…

Kinerja Yang Efektif Bantu Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

RENGAT (Sapa Inhu) – Kinerja Yang Efektif Bantu Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi. Acara…