Kinerja Yang Efektif Bantu Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

RENGAT (Sapa Inhu) – Kinerja Yang Efektif Bantu Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi. Acara evaluasi pelaksanaan anggaran semester I tahun anggaran 2022 yang digelar oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Rengat di Gedung Dang Purnama Rengat. Para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan pegawai satuan kerja (satker) mitra KPPN Rengat  hadir dalam acara ini.

Para KPA yang hadir tersebut berasal dari tiga kabupaten di Provinsi Riau, yakni Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), dan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Pada kesempatan itu, Kepala KPPN Rengat Dody Prihardi mengatakan bahwa berdasarkan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) KPPN Rengat sebagai Kuasa BUN pada semester I mempunyai nilai sebesar 94,69 persen.

Nilai IKPA tersebut diperoleh dari nilai IKPA yang dimiliki oleh satker lingkup KPPN Rengat, yaitu 33 satker mempunyai nilai IKPA lebih dari atau sama dengan 95 persen (kategori sangat baik), 37 satker mempunyai nilai IKPA 89 hingga 95 (baik), dan 7 satker mempunyai nilai IKPA 70 hingga 89 (cukup).

Hasil dari penilaian tersebut nantinya akan menjadi acuan bagi satker dan KPPN untuk memaksimalkan nilai IKPA di semester berikutnya. Nilai IKPA dapat dijadikan acuan untuk melihat kualitas pelaksanaan anggaran yang dilakukan oleh satuan kerja.

Kinerja yang efektif dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kepala KPPN Rengat, Dody Prihardi mengatakan “Nilai IKPA ini penting sebagai acuan belanja pemerintah yang berkualitas. Sehingga melalui pelaksanaan anggaran yang efektif oleh seluruh satker untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi terutama di daerah,” pada Rabu (10/8).

Baca juga : Masyarakat Pesajian Inhu Mengancam Akan Bergabung ke Kuansing

Setelah selesai memaparkan materi dari Kepala KPPN Rengat Dody Prihardi dilanjutkan diskusi dengan para peserta yang hadir. Selanjutnya pihak KPPN memberikan penghargaan kepada satker sesuai dengan kategori.

Untuk IKPA semester I tahun anggaran 2022 kategori pagu besar (> Rp20 miliar), juara 1 diraih oleh Polres Kuansing (654819) yang diterima langsung oleh Kabagren Polres Kuansing, Kompol M Daud SH. Kemudian juara 2, diraih Polres Inhil (641000) yang diterima langsung oleh Kapolres Inhil AKBP Norhayat SIK Kapolres Inhil dan juara 3 diraih Polres Inhu (640960) yang diterima langsung oleh Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alfonso SIK MSi.

Selanjutnya, IKPA semester I tahun anggaran 2022 kategori pagu sedang (Rp10-20 miliar), juara 1 diraih oleh Lembaga Permasyarakatan Tembilahan (406225), juara 2 diraih oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Rengat (410568) dan juara 3 diraih oleh Kantor Kemenag Kabupaten Kuantan Singingi (635342).

Untuk IKPA semester I tahun anggaran 2022 kategori pagu kecil (< Rp10 miliar), juara 1 diraih Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bc Tembilahan (668927), juara 2 diraih oleh Pengadilan Agama Telukkuantan (401938) dan juara 3 diraih oleh Kantor Kemenag Inhu (418167).

Terakhir juga diumumkan untuk juara penyampaian LPJ,Capaian Atas Belanja dengan Marketplace, Pengelolaan Rekening Terbaik, Satuan Kerja Terfavorit. Dody berharap “Dengan adanya pemberian penghargaan ini, diharapkan dapat memotivasi satker mitra kerja KPPN Rengat untuk terus memperbaiki serta memaksimalkan kualitas pelaksanaan anggaran pada semester berikutnya,”.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.

You May Also Like

PKS Mitra Agung Swadaya Pabrik Kelapa Sawit Inhu Terbakar

RENGAT (Sapa Inhu) – PKS Mitra Agung Swadaya Pabrik Kelapa Sawit Inhu…

Kabid Dinas Pertanian Tersangka Korupsi Rp1,3 M

RENGAT (Sapa Inhu) – Kabid Dinas Pertanian Tersangka Korupsi Rp1,3 M. Yasma…

Kembali Dilanjutkannya Pembangunan Jalan Jalur Dua Air Molek

AIRMOLEK (Sapa Inhu) – Kembali Dilanjutkannya Pembangunan Jalan Jalur Dua Air Molek.…

BPJS Ketenagakerjaan Berikan Bantuan Panti Asuhan Rengat

RENGAT (Sapa Inhu) – BPJS Ketenagakerjaan Berikan Bantuan Panti Asuhan Rengat. BPJS…