Gelembungkan Dana PKTD Sipang Inhu. Kepala Desa Sipang Inhu

RENGAT (Sapa Inhu) – Gelembungkan Dana PKTD Sipang Inhu. Kepala Desa Sipang tidak hanya diduga kuat memainkan anggaran dari penanganan Covid-19, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, juga diduga kuat memanipulasi suatu anggaran dari desa lainnya.

Anggaran tersebut adalah, merupakan dana PKTD (Padat Karya Tunai Desa). Kegiatan tersebut dimana merupakan pengadaan dan pembersih lahan milik dari suatu desa.

Gelembungkan Dana PKTD Sipang Inhu. Berdasarkan informasi dan data yang diterima dalam pengerjaan proyek pembersihan lahan desa pada program PKTD tersebut, Kades Sipang Yusri diduga telah melakukan penggelembungan anggaran dana ini.

Baca Juga : Bangun SPKLU Kendaraan Listrik Riau

Dari hasil laporan yang dibuat sang kades, pekerja yang mengerjakan proyek ini sebanyak 278 orang dengan upah Rp120 ribu per 1 hari kerja.

Akan tetapi, realita yanng ada di lapangan, pekerja sebenarnya hanya berjumlahkan 92 orang, dengan upah kerja diterima sebesar Rp100 ribu rupiah per hari kerja.
“Sebenarnya, ada banyak dugaan kecurangan atas apa yang dilakukan oleh kades ini, tapi yang terdapat pada datanya baru ini dan dugaan penyelewengan anggaran penanganan Covid-19,” ucap salah seorang warga dari Desa Sipang beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Astronot Berhasil Tanam Padi ke Ruang Angkasa

Parahnya sebut warga itu, bahwa kepala desa mereka itu seakan-seakan sudah terbiasa dan proporsional dalam memainkan anggaran dan pelaporan dana desa ini, baik yang bersumber APBN maupun dari APBD. “ujarnya.

“Sepertinya, kades ini sudah matang dalam memainkan anggaran desa, sehingga sampai saat ini tidak pernah terungkap (tersandung kasus). Seperti anggaran penanganan Covid-19 pada tahun 2021 lalu,” terang warga itu.

Angka dari penyelewengan ini cukup fantastis, yaitu sekitaran Rp100 juta lebih. Dana tersebut terdiri dari beberapa anggaran pembelian perlengkapan penanganan Covid-19 yang bersumber dari APBDes Desa Sipang.

Seperti halnya, sewa ruang isolasi, pembelian APD, masker, pembangunan pos jaga, handsanitizer, cairan desinsfektan, pengadaan vitamin dan perlengkapan lainnya.

“Dalam laporannya ini, semua alat tersebut dibeli, namun fakta dilapangan semuanya itu tidak pernah ada,” ucapnya.

Yang lebih menyakitkan lagi, Kepala Desa juga membuat laporan fiktif dari hal terkait pembayaran honor petugas atau relawan Covid-19 yang berguna bagi masyarakat desa.

Bahkan, anggaran pembelian dari mobiler dan makan minum petugaspun, juga ikut disunat oleh sang kades ini.

“Hingga saat ini Kades Sipang itu, tak pernah tersentuh oleh hukum, bahkan dipanggil diperiksa saja sepertinya juga belum pernah sama sekali. Kalau kami menilai, dia termasuk salah satu kades yang kebal hukum,” singkat katanya.

Sebagai mana yang diberitakan sebelumnya ini, salah seorang tokoh masyarakat Batang Cenaku, mengaku siap membawa dugaan korupsi dari anggaran penanganan Covid-19 bersumberkan dari dana desa ke jalur hukum.

“Apa yang dilakukan sang kades ini, sudah tidak bisa ditoleril lagi dikarenakan ini menyangkut hak dan keselamatan nyawa orang lain. Apalagi disaat pandemi melanda, namun semuanya dikantongi oleh sang kades,” ucapnya.

Dengan demikian, berharap persoalan ini dapat ditindak lanjuti oleh aparat hukum, baik unsur kepolisian maupun Kejaksaan Negeri Inhu.”terangnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Sipang saat dikonfirmasi via selulernya melalui pesan whatsapp yang hanya dibaca, namun tidak ada memberikan klasifikasi atas tindakan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.

You May Also Like

PKS Mitra Agung Swadaya Pabrik Kelapa Sawit Inhu Terbakar

RENGAT (Sapa Inhu) – PKS Mitra Agung Swadaya Pabrik Kelapa Sawit Inhu…

Kabid Dinas Pertanian Tersangka Korupsi Rp1,3 M

RENGAT (Sapa Inhu) – Kabid Dinas Pertanian Tersangka Korupsi Rp1,3 M. Yasma…

Kembali Dilanjutkannya Pembangunan Jalan Jalur Dua Air Molek

AIRMOLEK (Sapa Inhu) – Kembali Dilanjutkannya Pembangunan Jalan Jalur Dua Air Molek.…

Kinerja Yang Efektif Bantu Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

RENGAT (Sapa Inhu) – Kinerja Yang Efektif Bantu Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi. Acara…