Bangun SPKLU Kendaraan Listrik di Riau

RENGAT (Sapa Inhu) – Bangun SPKLU Kendaraan Listrik Riau. PT. PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (UIWRKR) siap mendukung instruksi Presiden (Inpres) terkaitnya penggunaan mobil listrik untuk operasional pejabat di daerah tersebut. Hingga saat ini terdapat ada 2 titik SPKLU yang berada di Kota Pekanbaru. Diantaranya yaitu di Jalan Setia Budhi Pekanbaru dan di kantor PLN UIWRKR Jalan Musyawarah Pekanbaru.

Bangun SPKLU Kendaraan Listrik Riau. Bentuk dari dukungan PLN UIWRKR ini salah satunya untuk membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berada di Riau. PLN UIWRKR akan membangun lagi 1 SPKLU lagi yang bertempatan di Dumai. Bahkan dalam tahun kedepan PLN UIWRKR juga merencanakan apa saja yang akan dibangun 3 titik SPKLU tersebut. Diantaranya yaitu di Rengat, Indragiri Hulu dan di Bangkinang. Bukan hanya saja untuk membangun SPKLU, PLN juga membangun stasiun untuk pengisian baterai kendaraan listrik umum atau SPBKLU dan home charging station yang berguna untuk mendorong pemakaian kendaraan listrik oleh masyarakat setempat.

“Kita akan merencanakannya untuk menambah beberapa SPKLU lagi, tepatnya di beberapa Kabupaten kota yang ada di Riau,” terang Manager Komunikasi & TJSL PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri, Tajuddin Nur, Pada Kamis (15/9/2022).

“Kemudian terdapat satu titik yang berada di Tanjung pinang, Kepulauan Riau,” ucap Tajuddin.

Baca Juga : Astronot Berhasil Tanam Padi ke Ruang Angkasa

Realisasi SPKLU yang dibangun mencapai 190 unit tepat pada tahun akhir 2021 kemaren. Sedangkan untuk tahun ini targetnya 580 unit SPKLU yang bisa digunakan bagi setiap para pemilik kendaraan listrik berada di Indonesia khususnya.

Sebelumnya Gubernur Riau Syamsuar mengungkapkan, bahwasanya dengan menggunakan kendaraan listrik ini bisa mengurangi emisi karbon di Riau.

Konversi tersebut juga merupakan salah satu langkah yang tepat untuk kita semakin mandiri dalam ketahanan energi dan pengurangan polusi udara terkhususnya di negeri kita ini, dan berpindah dari energi berbasis fosil ke berbasis domestik, tutur terangnya.

Selain itu, terang Syamsuar, dalam kendaraan listrik ini juga jauh lebih bagus dan hemat biaya. Apalagi ditengah harga bahan bakar minyak yang saat ini yang melunjak mengalami kenaikan. Biaya dari operasional lebih hemat dan mudah sekali untuk mengecas dan mengoprasikannya, dan tidak sulitpun menggunakannya. Kami mengajak masyarakat yang mampu, agar kita bisa perlahan-lahan untuk beralih ke kendaraan listrik.Nah apalagi sekarang BBM naik dan dunia sedang dilanda krisis energi,” katanya.

Baca Juga : Suku Pedalaman Inhu, Peroleh Bantuan

Kendaraan listrik ini hadir, yang bisa menjadi solusi nyata ditengah-tengah krisis energi tersebut. Sehingga untuk kedepan masyarakat tak lagi bergantung dari minyak bumi untuk tiap bahan bakar kendaraan.” tambah Syamsuar

PLN saat ini memiliki pasokan listrik yang sangat berlebihan, sehingga mampu guna memenuhi kebutuhan energi dari para pemilik atau pengguna kendaraan listrik.

“Jadi selama kita menggunakannya itu sangatlah bermanfaat, selain penghematan energi ini juga ramah lingkungan, jadi berfungsi sejalan juga dengan program Riau Hijau yang sudah lama kita galakkan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign Up for Our Newsletters

Get notified of the best deals on our WordPress themes.

You May Also Like

PKS Mitra Agung Swadaya Pabrik Kelapa Sawit Inhu Terbakar

RENGAT (Sapa Inhu) – PKS Mitra Agung Swadaya Pabrik Kelapa Sawit Inhu…

Kabid Dinas Pertanian Tersangka Korupsi Rp1,3 M

RENGAT (Sapa Inhu) – Kabid Dinas Pertanian Tersangka Korupsi Rp1,3 M. Yasma…

Kembali Dilanjutkannya Pembangunan Jalan Jalur Dua Air Molek

AIRMOLEK (Sapa Inhu) – Kembali Dilanjutkannya Pembangunan Jalan Jalur Dua Air Molek.…

Kinerja Yang Efektif Bantu Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

RENGAT (Sapa Inhu) – Kinerja Yang Efektif Bantu Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi. Acara…