Astronot Berhasil Tanam Padi ke Ruang Angkasa

RENGAT (Sapa Inhu) – Astronot Berhasil Tanam Padi ke Ruang Angkasa. Astronot China telah berhasil menanam bibit padi di ruang angkasa, yang dilaporkan oleh pihak China Daily.

Kemampuan yang mereka kembangkan untuk menumbuhkan makanan di orbit menjadi salah satu hambatan terbesar bagi mereka untuk perjalanan ruang angkasa guna untuk jangka panjang.

“Jika kita ingin mendarat dan menjelajahi Mars, dalam membawa makanan dari Bumi tidak cukup dikarenakan untuk perjalanan yang sangat panjang dan misi astronot di luar angkasa ini,” ungkap peneliti ilmu tanaman molekuler pada Akademi Ilmu Pengetahuan China, Zheng Huiqiong.

Astronot Berhasil Tanam Padi ke Ruang Angkasa. Pada benih padi yang ditanam itu Laboratorium dari Ruang Angkasa Wentian, meluncurkan ke orbit dan dipasang ke stasiun awal musim panas ini.

Ini memungkinkan untuk menampung delapan muatan eksperimental yang berbeda, salah satunya yaitu untuk menampung bibit padi berbunga.

Baca Juga : Suku Pedalaman Inhu, Peroleh Bantuan

Terdapat 2 jenis beras yang diluncurkan sebagai bagian dari eksperimen tersebut. Pucuk tinggi yang bervariasi mencapai hampir 30 sentimeter tepat pada bulan pertama pertumbuhan, dan variasi yang kerdil mencapai sekitar 5 cm. Jumlah dari kedua pertumbuhan ini setara dengan variasi padi tertentu di Bumi ini. Tanaman lain yang telah ditunggangi juga dengan pesawat ruang angkasa Cina lainnya. Beberapa studi ini berfokus pada peningkatan hasil dari tanaman padi ini, karena berharap padi yang digunakan untuk lingkungan radiasi pada ruang angkasa memiliki hasil lebih tinggi setelah ditanamkannya kembali di dalam Bumi.

Industri yang sedang berkembang saat ini telah melihat kurang lebih dari 200 jenis tanaman dimodifikasi dengan beragam cara ini, dan eksperimennya pun terus berlanjut.

Baca Juga : BPJS Ketenagakerjaan Berikan Bantuan Panti Asuhan Rengat

Ini bukan hal pertama kali bahwasanya penanaman padi berhasil ditanam ke ruang angkasa. Sebuah tim dari Indonesia yang berstatus mahasiswa menguji efek menanam padi kedalam gaya berat mikro di ISS pada tahun 2016 lalu.

Jika mereka ingin mendarat dan menjelajahi ke planet Mars, pasokan makanan yang dibawa dari bumi harus cukup bahkan gak akan cukup bagi para astronot untuk melakukan perjalanan jarak jauh dan misi di luar angkasa. Kita perlu menemukan berbagai sumber makanan yang berkelanjutan guna untuk eksplorasi ruang angkasa jangka panjang. Wah, semoga aja ya percobaannya makin memberi manfaat baik bagi kehidupan kita semua di alam semesta ini ya.